Popular Post

Posted by : エゴヂア November 17, 2013

Ubume
The Myths of Mother's Kindness
       Ubume (産女) merupakan arwah penasaran dari perempuan yang mati dalam keadaan mengandung dan versi lainnya menyebutkan, Ubume adalah yuurei (arwah penasaran) dari perempuan hamil yang sudah meninggal, namun melahirkan di dalam kuburnya. Penyebab kematiannya biasanya karena dibunuh, kematian tidak wajar, atau dikubur begitu saja tanpa disertai upacara untuk mendoakan arwahnya. Ubume digambarkan memiliki sosok berupa seorang wanita berwajah pucat, berambut sangat panjang, berbaju putih, dengan bercak darah disekitar kemaluan, dan kakinya tidak tampak.

        Ubume datang hanya untuk mengasuh anaknya yang masih hidup dengan membawakan makanan-makanan manis seperti gulali ataupun buah-buahan, atau makanan yang ia beli menggunakan 'uang koin' ynag kemudian berubah menjadi daun-daunan. Si anak yang masih polos mungkin tidak menyadari jika 'ibu' yang mengasuhnya selama ini adalah hantu dan dengan polos menerima makanan manis dari Ubume  Orang awam biasanya jarang yang cepat menyadari keberadaan Ubume, karena sosok Ubume layaknya ibu pada umumnya. Ia bisa menggiring manusia ke tempat persembunyian anaknya, dan berharap anaknya bisa dirawat oleh manusia.

         Walau sosoknya tampak menyeramkan, Ubume tidak berbahaya, malah memilki latar belakang yang kelam dan menyedihkan. Ubume kerap menunjukkan eksistensinya lewat penampakan dan suara-suara. Kebanyakan orang melihat Ubume berada di tepi sungai pada malam hari, dan tengah memandikan anaknya sambil bernyanyi. Ada juga Ubume yang tengah menangis mancari-cari anaknya atau sedang menyanyi-nyanyi lirih untuk menidurkan si anak.

          Orang Jepang percaya bahwa Ubume pernah eksis tidak hanya dalam cerita mitos. Bahkan, di beberapa kuil khususnya kuil Kougenji di Nagasaki menyimpan sebuah boneka Ubume yang terbuat dari kayu disebuah ruangan gelap. Kuil tersebut di buka setahun sekali setiap tanggal 16 Agustus atau menjelang peringatan obon.

           Pada dasarnya, Ubume merupakan contoh konkrit kekuatan kasih sayang seorang ibu Dalam kondisi apapun, seorang ibu akan melindungi anaknya bahkan dengan mempertaruhkan nyawa.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Genki Kurabu - MUNADIE - Powered by Blogger - Twitter ADMIN MUNADIE -